Ads Header

Pages

Minggu, 20 Februari 2011

Keorganisasian Hasil Seminar


Keorganisasian


Organisasi adalah sebuah perkumpulan dari orang – orang yang memiliki tujuan .
Organisasi itu sangat luas , diantaranya mencakup : Komunitas , Ikatan , Himpunan .

Tujuan berorganisasi :

  • Membenahi diri / merubah sikap
maksudnya : di dalam berorganisasi hal pertama yg kita lakukan kita harus bias membenahi diri kita dahulu , agar organisasi yang kita ikuti atau kita jalankan dapat bermanfaat bagi kita serta orang banyak .

  • Melatih kepemimpinan
maksudnya : di dalam berorganisasi kita juga harus paham akan arti kepemimpinan . dan di sana kita di tuntut untuk melatih serta menjadi seorang pemimpin yang baik dan berwawasan luas .
  •   Menambah wawasan
maksudnya : salah satu tujuan dari berorganisasi ini  yang pasti kita akan menambah wawasan serta daya fikir kita yang lebih matang dan saling bertukar fikiran antar sesame anggota yang berada di organisasi tersebut .

  •  Memberi nilai plus bagi diri kita
maksudnya : kita juga harus bisa unggul dan nilai plus bagi diri kita sendiri dan berfikir lebih maju dan dapat membedakan cara berfikir orang yang ikut berorganisasi dengan yang tidak (positifnya) .

Macam – macam organisasi di sekolah dan lingkungan masyarakat :
  • organisasi OSIS
  • organisasi Pramuka
  • organisasi NU
  • organisasi IPPNU
  • organisasi Politik
  •  organisasi Sosial Kemasyarakatan


terkadang di dalam keluarga kita contohnya sebagai seorang anak terkadang banyak juga yang tidak diperbolehkan untuk mengikuti organisasi karena mungkin terkadang orang tua tidak mengizinkan atau berfikiran kita sebagai anak zaman sekarang banyak melanggar larangan – larangan orang tua !

Nah , yang jadi pertanyaan bagaimana nasib untuk seorang anak yang jika dia ingin benar – benar mengikuti sebuah himpunan organisasi tetapi dari pihak orang tuanya tidak mengiizinkan dia untuk mengikuti sebuah organisasi tersebut karena alas an di atas tadi !!!
Jawabannya adalah kita sebagai anak yang berpendidikan serta calon anggota atau pimpinan untuk sebuah organisasi , kita harus siap mental serta tegas dalam menyikapi hal-hal tersebut .

Upaya – upaya yang harus kita lakukan :

1.                             yakinkan orangtua kalau kita ingin mengikuti suatu organisasi yang positif .
2.                             tunjukkan kepada orangtua jiwa keorganisasian kita dengan  melakukan hal-hal kecil yang ada di rumah .
misal : di rumah terjadi perselisihan masalah karena perbedaan paham antara keluarga , tunjukkan dan ikut sertalah kamu dalam hal masalah itu yang dapat menghasilkan solusi serta tujuan .
3.                             buktikan dengan berorganisasi dengan sesame teman sekolah , misalnya kerja kelompok yang kamu lakukan di rumah mu .
4.                             jika  3 usaha di atas tidak berhasil , maka cara terakhir adalah sesekali bawa atau ajak kakak senior atau Pembina organisasi tersebut untuk di ajak berkomunikasi langsung dengan orangtua .

lebih baik jadi ikan besar di kolam yang kecil , dari pada
Jadi ikan kecil di kolam yang besar .
Artinya :
Lebih baik anda bermanfaat di dalam organisasi yang kecil , dari pada
Tidak berguna sama sekali di organisasi besar .


See other articles Here

0 komentar:

Posting Komentar